2. Tulisan Pemuda dan Sosialisasi

 

Pemuda

Pemuda adalah golongan manusia manusia muda yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih baik, agar dapat melanjutkan dan mengisi pembangunan yang kini telah berlangsung, pemuda di Indonesia dewasa ini sangat beraneka ragam, terutama bila dikaitkan dengan kesempatan pendidikan. Pemuda memiliki peran penting dalam kemajuan negara, oleh sebab itu sebagai pemuda harus berperan aktif dalam kehidupan dimasyarakat.

Negara ini dahulu dibangun oleh para pemuda yang mempunyai cita-cita yang tinggi dalam hal kemajuan negara. Sehingga kedepanya negara ini akan dipegang oleh para pemuda-pemuda yang handal dalam menciptakan ide-ide kreatif, cerdas dan innovatif. Tetapi akhir-akhir ini pemuda mengalami suatu kendala dalam hal menciptakan ide kreatif seperti yang sudah disebutkan tadi. Seolah kita lupa peran pemuda jaman dahulu dan jaman sekarang, kendala yang dihadapi adalah berkembangnya begitu pesat teknologi yang membuat para pemuda ketagihan. Seperti halnya yang terjadi dalam diri saya sendiri, entah mengapa dan kenapa itu bisa terjadi. Mungkin kah ini pengaruh globalisasi? Atau mungkin faktor lainnya?? Semua kemungkinan bisa terjadi dalam hidup ini.

Semoga pemuda sekarang dapat bangkit kembali semangatnya, idenya, untuk kemajuan bangsa dan negara ini. Jangan lah jadi pemuda yang terjerumus kedalam sifat yang buruk seperti judi, mirasantika, dan masih banyak lagi yang dapat menjerumuskan para pemuda ke dalam lobang keburukan. Jadi lah pemuda cerdas, kreatif dan innovatif, sebab ditangan kita lah nasib negara ini dipertaruhkan. Baik pemudanya baik pula negaranya.

Sosialisasi Pemuda

Melalui proses sosialisasi, seorang pemuda akna terwarnai cara berpikir dan kebiasaan-kebiasaan hidupnya. Dengan demikian, tingkah laku seseorang akan dapat diramalkan. Dengan proses sosialisasi, seseorang menajdi tahu bagaimana ia mesti bertingkah laku di tengah-tengah masyarakat dan lingkungan budayanya. Dari keadaan tidak atau belum tersosialisasi, menjadi manusia masyarakat dan beradab. Sosialisasi ini sangat penting bagi pemuda, sebab tanpa adanya sosialisasi pemuda akan terjebak dalam kehidupan yang penuh lika-liku dan retorika yang tidak jelas. Sosialisasi ini dapat membentuk karakter yang kuat bagi pemuda, karakter yang kuat pemuda dapat mencegah dari sifat-sifat yang buruk. Jadi, peran orang tua tidak luput dalam melakukan sosialisasi pemuda ini. Orang tua adalah mentor dalam kehidupan pemuda kedepanya, jika tidak ada peran aktif dari orang tua, maka siap-siaplan akan menjadi buruk citra pemuda-pemuda penerus perjuangan bangsa ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: