3. Konsepsi ilmu budaya dasar didalam kesusastraan

Konsepsi ilmu budaya dasar didalam kesusastraan mempunyai berbagai peranan penting karena seni ini adalah cerminan dari nilai budaya yang terkandung di dalam masyarakat sejak lama, seni juga membuat orang yang ingin mengutarakan pendapat ataupun gagasannya menjadi lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. IBD dalam kesusastraan dapat diartikan dalam bentuk prosa, prosa pun dibagi menjadi 2 yaitu perosa lama dan prosa baru. Prosa lama meliputi  dongeng , hikayat, dan sejarah. Prosa baru meliputi : kisah, cerpen, novel, biografi dan otobiografi . Bentuk kesusastraan tersebut dapat memberikan pengaruh positif kepada masyarakat karena dapat memberikan wawasan tambahan, kesenangan, dan melestarikan budaya Indonesia.

Hikayat terkenal pada zaman dahulu karena menceritakan tentang kejadian dimasa lalu entah itu nyata atau tidak. Banyak cerita-cerita kejadian zaman dahulu yang masih terkenal di zaman sekarang contohnya cerita Malin Kundang yang menceritakan seorang anak lelaki yang pergi merantau, pada saat ia kembali ia durhaka kepada ibunya dan kemudian malin kundang di kutuk ibunya. Karena kedurhakaannya itu dia menjadi batu.

Sampai sekarang cerita malin kundang masih sangat terkenal dikalangan masyarakat bahkan ada sebuah batu yang berbentuk seorang manusia sedang sujud. Masyarakat setempat mempercayai kalau batu itu adalah malin kundang yang dikutuk ibunya. Banyak cerita-cerita hikayat selain malin kundang.

Cerita hikayat memberikan dampak positif karena nilai-nilai etika yang terkandung di dalam cerita mengajari kita untuk memahami nilai dari arti sebuah kehidupan. Seperti cerita Malin kundang yang menggambarkan bahwa durhaka kepada orang tua itu sangat tidak diperbolehkan.

Masih banyak lagi dongeng , hikayat, sejarah. kisah, cerpen, novel, biografi dan otobiografi yang dapat memberikan pengaruh positif kepada masyarakat karena dapat memberikan pengetahuan, kesenangan, dan melestarikan budaya Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: