4. Manusia dan Cinta

Manusia dan Cinta kasih ialah hal yang tidak dapat dipisahkan karena cinta setiap manusia memiliki perasaan cinta, entah itu dirasakan secara langsung atau tidak.  Cinta memiliki arti rasa sangat suka atau perasaan sayang , ataupun sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan, dengan demikian arti cinta dan kasih hampir sama, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka atau sayang kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasih. Cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan kelurga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Cinta juga digunakan sebagai pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhanya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintahNya, dan berpegang teguh pada syariatNya.

Jika semua orang merasakan adanya cinta kasih sesama manusia maka akan timbulah rasa saling memiliki satu sama lain, rasa saling menghormati dan menghargai satu sama lain sungguh indah bila semua manusia didunia memiliki rasa cinta kasih terhadap manusia lainnya pasti di dunia ini tidak akan terjadi perpecahan dan kemiskinan, karena manusia saling peduli, saling memberi satu sama lain tidak memandang suku , ras, budaya dan agama.

Pertama – tama kita harus menerapkan cinta kasih kepada diri sendiri terlebih dahulu dengan cara mencintai diri kita sendiri jangan berbuat yang merugikan untuk diri kita sendiri. Seterusnya kita juga harus menerapkan cinta kasih dilingkungan keluarga kita harus belajar menghargai, melindungi, menyayangi mencintai anggota keluarga lain.

Kemudian bila rasa cinta kasih sudah kita terapkan pada diri sendiri dan dilingkungan keluarga, maka kita harus menerapkannya juga di lingkungan masyarakat. Memang sulit untuk menerapkannya di lingkungan seperti masyarakat karena mereka memiliki sifat yang berbeda- beda dan juga memiliki pendapat yang berbeda – beda. Supaya tidak terjadi perelisihan diantara sesama manusia yang lain kita juga perlu menerapkan rasa cinta kasih terhadap mereka, bila ada perbedaan pendapat kita bisa saling menghargai pendapat mereka dan kita tidak boleh mengedepankan keinginan kita sendiri. Dengan begitu mereka akan terbiasa dengan rasa cinta kasih sehingga lingkungan kita menjadi aman, damai, dan tentram. Betapa indahnya hidup tanpa adanya perpecahan dan konflik.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: