1. Tulisan Individu, Keluarga dan Masyarakat

Individu

Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya,malainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya. Selain dari pada itu individu memiliki arti yaitu diri sendiri, tiap diri sendiri memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda dengan individu lainya. Individu dapat terbentuk sejak dini, mulai kita lahir kedunia ini yang memiliki latar belakang orang tua berbeda dipersatukan dalam keluarga maka individu atau sifat pribadi dapat terbentuk dengan sendirinya. Dalam hal ini orang tua lah memiliki peran penting dalam pembentukan pribadi atau individu seorang anak, istilah lainya terkenal dengan pembentukan karakter pribadi.

Pembentukan karakter pribadi ini akan mengikuti pola tingkah laku umum. Jika karakter seseorang baik maka akan baik pula dalam perkembangan kehidupan sosialnya, namun jika karakter seseorang buruk maka akan buruk pula dalam perkembangan kehidupan sosialnya. Kita tidak ingin terjatuh dalam pergaulan yang buruk atau kurang baik, sebab hal itu akan merusak tata kehidupan bermasyarakat.

Keluarga

Keluarga adalah unit/satuan masyarakat terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Keluarga juga memiliki arti sebagai harta yang paling berharga, jadi sayangilah keluaraga yang kita miliki sekarang. Keluarga juga bisa menjadi tempat untuk berkeluh kesah, curhat, dan lain-lain. Sebagai bagian dari keluarga harusnya saling menjaga kerukunan dan ketentraman satu dengan yang lain, dari keluarga ini lah akan membentuk keluarga-keluarga baru lainnya. Jika kita hidup tanpa adanya keluarga didunia ini. Mungkin kehidupan kita akan memiliki suatu rasa hampa atau kegalauan. Kegalauan ini dapat dihindari dengan cara berkeluh kesah atau curhat dengan anggota keluarga yang lain, sehingga kegalauan dapat hilang dengan sendirinya. Mulai dari keluarga inilah kita dapat membentuk karakter, sebagaimana mestinya keluarga memiliki peranan yang penting terhadap kehidupan sosial dan masyarakat. Jadi jagalah keluarga kita dari sifat-sifat yang buruk dan mulai lah dari sekarang peran aktif antar keluarga dijaga keharmonisanya.

Masyarakat

Masyarakat ialah lingkungan dimana tempat kita tinggal. Masyarakat tersebut terdiri dari individu, keluarga, dan masyarakat. Individu yang berkembang ke dalam keluarga kemudian keluarga membentuk suatu masyarakat. Setiap individu dan keluarga yang berbeda-beda maka karakternya pun akan berbeda-beda sehingga dari semua itu akan membentuk suatu tatanan social.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: